Senin, 01 Mei 2017

Penyebab rendahnya suhu udara di daerah yang tinggi


Penyebab rendahnya suhu udara di daerah yang tinggi
laju penurunan suhu di troposfer (lapisan atmosfer bagian bawah atau yang kita kenal udara sekitar kita) mengikuti laju yang kita kenal dengan laju penurunan rata-rata di mana makin tinggi ketinggian suatu tempat maka suhu udara akan turun.
Ada persamaan matematis untuk itu yang mengikuti persamaan gas ideal di mana:
PV = RT
P merupakan tekanan, V adalah volume spesifik, R adalah tetapan gas dan T adalah temperatur selain itu untuk gas ideal (di sini kita mengasumsikan atmosfer sebagai gas ideal) juga berlaku ketentuan bahwa laju penurunan tekanan berbanding lurus dengan laju penurunan suhu. Sehingga ketika kita ke tempat yang tinggi tekanan udara semakin rendah sehingga suhu udara pun menurun. Itulah salah satu hal yang menyebabkan di pegunungan suhu udara lebih dingin dari suhu di dekat laut. Sebenarnya adalah benar bahwa daerah di pegunungan menerima radiasi matahari yang lebih banyak tetapi radiasi matahari yang diterima lebih banyak digunakan untuk transfer energi/panas latin.
Coba kamu perhatikan di pegunungan dan daerah yang bukan pegunungan, lebih banyak tanaman di pegunungan atau daerah datar? tentu lebih banyak pegunungan. sebagian besar radiasi matahari lebih banyak di absorpsi untuk pertumbuhan tanaman dan digunakan untuk proses transportasi (pelepasan molekul air oleh tanaman ke atmosfer). Inilah juga yang menyebabkan suhu udara jadi lebih rendah karena transfer energi yang digunakan untuk meningkatkan suhu lebih banyak digunakan untuk transportasi dan elaborasi (pengucapan air dari tanah dan badan-badan air: danau, sungai dab)
Semakin dekat dengan permukaan laut udara akan semakin rapat dan semakin jauh dr permukaan laut kerapatan semakin renggang, karena massa udara terpengaruh oleh gravitas bumi. Udara yang massa-nya rapat tentu akan menyerap panas matahari lebih banyak dari pada yang massa-nya sedikit. Kemudian ada yang namanya Lapse Rate. Apa itu Lapse Rate? "The environmental lapse rate (ELR) is the negative of the actual change of temperature with altitude of the stationary atmosphere at a specific time and specific location" Saya artikan menurut bahasa saya: "lapse rate adalah perubahan temperatur sesuai dengan perubahan ketinggian pada waktu dan tempat tertentu" Mengnai Lapse Rate bisa dibaca lebih lanjut di sini : Berapa besarnya rata-rata Lapse Rate?
yakni pada setiap pertambahan kenaikan sebesar 1000 feet altitude temperatur akan turun sebesar 2 derjat celcius. Jadi jika di sebuah pantai suhunya 30 derjat celcius, maka di dataran tinggi seperti bandung yang memiliki elevasi 2500 feet dari rata-rata permukaan laut, maka bandung akan memiliki suhu kurang lebih 25 derjat celcius. Dekat dengan matahari tidak jaminan. Sebab setiap perubahan ketinggian 100 meter suhu akan bertambah secara otomatis dan setiap keturunan turun 100 meter suhu akan menurun itu sebab nya di daerah pegunungan lebih dingindari pada di daerah rendah. Karena pada tempat yang tinggi udaranya tipis, hal ini menyebabkan panas dari permukaan tanah lebih sulit untuk merambat lewat udara, dan menghasilkan temperatur udara menjadi lebih dingin dibandingkan di dataran rendah.

Daftar pustaka: http://saiaulhalhit.blogspot.co.id/2009/04/penyebab-rendahnya-suhu-udara-di-daerah.html

0 komentar:

Posting Komentar